Cara Merubah Warna Cell Otomatis di Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merubah Warna Cell Otomatis di Excel

Microsoft Excel memberikan banyak sekali fitur yang dapat membantu kamu dalam menganalisa data. Di antara fitur yang dapat memudahkan kamu dalam menganalisa suatu data adalah fitur Conditional Formatting.

Conditional formatting dapat membantu kamu dalam menandai atau memberi warna, merubah font style, Border ataupun format cell yang lainnya pada data dengan kriteria yang bisa kamu tentukan. Sehingga kamu bisa dengan cepat menemukan data tersebut dengan fitur ini.

Kamu dapat menentukan kriteria data dengan type data Number, date, dan juga teks. 

Nah, pada artikel kali ini saya akan jelaskan cara menggunakan conditional formatting untuk merubah warna cell otomatis dengan kriteria number atau angka tertentu. 

Pada penjelasan kali ini saya akan menggunakan tabel di bawah ini 

Pada tabel di atas, saya akan coba merubah warna cell secara otomatis menjadi merah pada nilai siswa yang ada di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang berada di cell C4.

Cara merubah warna cell otomatis di Excel dengan Conditional Formatting

Untuk mengatur conditional formatting seperti pada kriteria di atas, kamu bisa ikuti Langkah-langkah berikut ini :

  • Blok semua cell yang ingin kita ubah otomatis. Dalam contoh yang saya gunakan adalah kolom Nilai.
  • Klik tab "Home"
  • Klik "Conditional Formatting"
  • Klik "New Rule" 

  • Pada pilihan “Select a Rule Type :” pilih “Use a formula to determine which cells to format”
  • Pada “Format values where this formula is true :” isi dengan “=C6<$C$4”. C6 di sini adalah salah satu cell yang kita blok di langkah pertama, Sedangkang $C$4 adalah cell yang berisi Nilai KKM.
  • Klik tombol "Format" untuk memulai format yang kita ingin tampilkan jika formula yang kita masukkan di Langkah sebelumnya bernilai TRUE.  

  • Karena kali ini kita ingin merubah warna cell maka kita klik tab "Fill", di sini saya coba berikan warna merah. (Kamu juga bisa memberikan format lain seperti pada tab Font kamu bisa mengatur warna Font, Ukuran Font, Style Font dan yang lainnya, begitu juga dengan tab Border dan Number, kamu bisa mengatur format sesuai dengan yang kamu inginkan jika formula yang kita masukkan tadi bernilai TRUE
  • Jika sudah semua, kamu bisa klik "OK" 

  • Selesai, hasilnya terlihat seperti pada gambar di bawah. 

Sekarang kamu bisa lihat semua nilai yang ada di bawah KKM berwarna merah. Dan jika kamu mengganti nilai siswa dengan nilai di bawah KKM maka warna cell akan otomatis berubah seperti format yang kita atur tadi. Begitu juga jika kamu mengganti nilai KKM maka semua cell yang nilainya ada di bawah KKM yang baru akan berubah otomatis menjadi merah.

Demikian artikel kali ini tentang cara merubah warna cell otomatis di Excel. Semoga dapat membantu pekerjaanmu di kantor.

Posting Komentar untuk "Cara Merubah Warna Cell Otomatis di Excel"