CARA MENULIS BISMILLAH DI WORD - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MENULIS BISMILLAH DI WORD

Dalam artikel kali ini kita akan membahas 2 cara cepat membuat tulisan bismillahirrahmaanirrahiim dalam huruf arab. Yaitu menggunakan kode ASCII dan Fitur AutoCorrect

Membuat Bismillah Menggunkan Kode ASCII

Salah satu cara cepat membuat lafadz bimsillah dalam Bahasa arab di Microsoft Word adalah dengan menggunakan Kode ASCII. Bagi teman-taman yang belum tahu kode ascii adalah kode yang di sediakan di Microsoft Word untuk menampilkan huruf atau symbol tertentu. Cara menggunakan cukup mudah yaitu ketik saja kode ASCII lalu tekan tombol Alt dan X secara bersamaan.

Untuk membuat Lafadz bismillah kita bisa gunakan Unicode : FDFD. Jadi kita Ketika saja FDFD lalu tekan tombol Alt dan X secara bersamaan. Dan hasil yang di tampilkan akan seperti di bawah ini : 

Tapi di Sebagian Office, hasil yang tidak utuh atau terlihat hanya sepotong saja. Bisa terlihat hanya lafadz “Bis” atau lafadz “Bismi”. Jika di laptop teman-teman cara ini tidak bekerja sempurna, atau hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Teman-teman bisa lakukan cara berikutnya.

Membuat Bismillah Menggunakan Fitur Autocorrect

Autocorrect adalah fitur yang dirancang untuk memperbaiki kesalahan penulisan kita secara otomatis. Misalnya, saat kita mengetik dengan cepat dan salah menekan huruf, autocorrect akan berusaha untuk mengoreksi kesalahan tersebut dengan menampilkan kata yang benar. Tapi, pengguna Microsoft Word juga menggunakan Fitur ini untuk membuat kode sendiri untuk membuat tulisan tertentu dengan cepat. Nah, kali ini kita akan membuat kode untuk membuat tulisan bismillah dalam huruf arab dengan fitur AutoCorrect.

Langkah-langkah membuat tulisan Bismillah dengan fitur Autocorrect :

  1. Copy lafadz Bismillahirrahmaanirrahiim berikut : 
  2. Pada Microsoft Word, klik tab “File”, Lalu “Options”
  3. Di jendela selanjutnya klik “Proofing”
  4. Klik “Autocorrect Options” 

  5. Pada Replace isi dengan kode yang kita inginkan (bebas sesuai keinginan)
  6. Lalu di sebelahnya paste tulisan bismillahirrahmanirrahiim yang sudah dicopy dilangkah pertama

  7. Klik “Add”
  8. Lalu Klik “OK”, dan klik “OK” lagi Sampai Kembali ke dokumen.
  9. Pengaturan sudah selesai. sekarang, setiap ingin membuat Bismillahirrahmaanirrahim, sobat cukup ketik kode yang sudah sobat buat, lalu tekan Spasi atau Enter.

Demikian tips kali ini tentang cara cepat membuat bismillah di Microsoft Word. Semoga artikel kali ini membantu teman-teman semua. Dan assalaamu’alaikum.


x

Posting Komentar untuk "CARA MENULIS BISMILLAH DI WORD"