Status Siswa Aktif Tanpa Rombel di Emis 4.0 - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Status Siswa Aktif Tanpa Rombel di Emis 4.0

Ketika memulai tahun pelajaran baru, semua Tenaga Pendidikan disibukkan dengan banyak tugas baik itu guru ataupun tenaga di tata usaha dan tidak terkecuali operator sekolah ataupun madrasah. 

Operator harus memastikan data siswa baru masuk ke data dapodik bagi sekolah dan data Emis bagi Madrasah. Bagi operator madrasah, ada beberapa hal yang harus dilakukan setelah menambahkan data siswa baru. Seperti menambahkan kurikulum yang digunakan pada masing-masing tingkat kelas, menambahkan rombel dan juga memastikan semua siswa yang masuk sudah berstatus aktif. Karena Ketika memasuki pelajaran baru semua data siswa di Emis akan Kembali berstatus Aktif tanpa rombel.

Nah, pada artikel kali ini saya akan jelaskan cara mengubah status siswa di Emis dari Aktif tanpa rombel menjadi berstatus Aktif

Cara mengatasi siswa aktif tanpa rombel

Untuk mengatasi siswa aktif tanpa rombel sobat operator harus menambahkan rombel dan kemudian menambahkan siswa yang menjadi anggota rombel tersebut. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka halaman login Emis 4.0 di https://emis.kemenag.go.id/login
  • Login dengan akun Operator Madrasah dengan mengisi Email dan Password, dan juga beri tanda centang pada keterangan “Saya bukan robot” kemudian klik “LOGIN”
  • Klik menu “Rombongan Belajar” 

  • Kemudian klik tombol “TAMBAH” yang ada di kanan
  • Isi semua kolom-kolom yang dibutuhkan seperti Tahun Ajaran, Tingkat Kelas, Nama Rombel dan yang lainnya. Jika pada kolom kurikulum sobat menemukan list kosong, maka kemungkinan sobat belum menambah kurikulum. Untuk menambahkan kurikulum sobat bisa buka artikel yang saya tulis tentang cara menambah kurikulum di emis.
  • Setelah semua kolom yang dibutuhkan diisi, klik tombol “TAMBAH SISWA” 

  • Beri tanda centang pada siswa yang menjadi anggota rombel
  • Jika sudah semua, klik tombol “TAMBAH” 

  • Terakhir klik tombol “SIMPAN”
  • Selesai, kemudian sobat bisa menambahkan rombel selanjutnya dengan mengulangi langkah di atas. 

Cara edit rombel di Emis 4.0

Jika ada kesalahan saat menginput data rombel, baik itu data siswa ataupun yang lainnya, maka sobat masih bisa memperbaiki kesalahan data dengan cara sebagai berikut :

  • Klik menu Rombongan Belajar
  • klik tombol “LIHAT DETAIL” pada rombel yang ingin sobat edit
  • Kemudian klik “EDIT ROMBEL”
  • Selanjutnya sobat isi perbaikan data lalu klik tombol “SIMPAN”

Dengan cara di atas sobat operator juga bisa memindahkan siswa dari rombel satu ke rombel yang lainnya.

Baik sobat operator, sekian artikel kali ini tentang cara menambahkan rombel untuk mengatasi status siswa yang “Aktif Tanpa Rombel”. Semoga artikel ini dapat membantu pekerjaan sobat di Madrasah tercinta. Terima kasih dan Assalaamu’alaikum.

11 komentar untuk "Status Siswa Aktif Tanpa Rombel di Emis 4.0"

  1. terimakasih pak, sudah dipraktekkan dan berhasil

    BalasHapus
  2. ini yang saya cari, makasih om penjelasannya.

    BalasHapus
  3. pak, setelah saya lakukan sesuai dengan yang bapak arahkan , tapi nama - nama siswa tsb tidak muncul padahal di daftar santri itu ada, di data santri nama santri itu tidak ada nama rombel nya, sepertinya terbawa waktu emis lama, bagaimana cara menambah rombel di data santri yang sudah ter input waktu emis yang lama pak ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dengan kasus yang saya alami
      tolong bagaimana solusinya

      Hapus
    2. saya juga mengalami hal yang sama, coba cara membuat rombel pilih tahun ajaran 2002-2023 semester genap kalau input siswa dari emis 2.0, insya alloh bisa keluar data siswanya
      semoga berhasil

      Hapus
    3. saya juga mengalami kasus yg sama, coba waktu membuat rombel pilih tahun ajaran 2022-2023 pilih semester genap kalau input data murid dulu waktu emis 2.0, insya Alloh keluar data muridnya
      semoga berhasil

      Hapus
    4. Pa, saya sudah mencoba saran terakhir, tapi data siswanya tetap tidak dapat dimasukkan ke rombel dan malah beberapa siswa lama tersebut sudah memiliki NISN... harus bagaimana ya? apa dihapus dulu datanya baru input ulang lagi?

      Hapus
    5. Coba di cek lagi datanya ketika menambahkan rombel. Pastikan semua data rombel sudah diisi dan pastikan semua pengisiannya sudah benar. terutama di tahun pelajaran diisi 2022/2023.

      Hapus
  4. Pak, dari saran yang bapak berikan sudah saya lakukan sampai tahap tambah siswa, tetapi ketika mengetik nama siswa yang akan ditambahkan tidak muncul padahal di data siwa semuanya sudah lengkap ara mengatasinya bagaimana y pak,

    BalasHapus