Mengeluarkan Siswa Dari Dapodik - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengeluarkan Siswa Dari Dapodik

Bismillah, Assalaamu’alaikaum teman-teman operator.

Mengeluarkan siswa dari dapodik tidak bisa kita lakukan dengan menghapus siswa begitu saja, siswa harus dikeluarkan dari aplikasi dapodik dengan benar karena cara mengeluarkan siswa dari aplikasi dapodik bisa berbeda tergantung alasan siswa keluar dari sekolah asal. siswa yang dikeluarkan karena telah lulus berbeda dengan siswa yang dikeluarkan karena ingin pindah sekolah atau alasan mutasi. apalagi penyebab siswa ingin keluar dari sekolah karena hendak pindah sekolah. Oleh karena itu teman-teman operator hendaknya mengeluarkan siswa dari dapodik dengan cara yang benar agar siswa bisa diterima dan masuk ke dalam data dapodik sekolah tujuannya.

Cara Mengeluarkan Siswa Dari Dapodik Karena Mutasi

Pada tulisan kali ini kita akan membahas bagaimana cara kita mengeluarkan siswa pindah sekolah dari dapodik agar siswa bisa diterima di dapodik sekolah tujuan.

Langkah-langkah mengeluarkan siswa pindah mutasi dari dapodik  :

  1. Pastikan anda sudah login ke dapodik di laman
  2. Pilih menu "Peserta Didik"
  3. Pada daftar peserta didik, Pilih siswa yang akan di keluarkan
  4. Klik tombol "Register" di kanan atas
  5. Scroll ke bawah lalu isi kolom-kolom yang dibutuhkan untuk mengeluarkan data siswa pada grup isian "Diisi Saat Sudah Keluar'. Jika siswa keluar karena ingin pindah sekolah, pastikan Anda memilih "MUTASI" pada isian Keluar karena.
  6. Isi juga kolom "Tanggal Keluar" Sekolah dan "Alasan Keluar"
  7. Klik tombol "Simpan".
  8. Terakhir lakukan "Sinkronisasi" untuk mengirim data agar siswa bisa diterima di sekolah tujuannya.
AVvXsEg39RtZ0G7AObnAFBAkn8qbRDpcqk17oJ50tLeBaFXoNk19LWddte3ZOE3ePgtE9cGgzudnlXzYVjlCPeAllt7K4P0qO0I_pTbWrx0rAzBUQtVzuMSNMpRMhbc5RWj-8KXJwF42Eo72GRfcAYdXxVDZgNoptz96zNsSfLmlo1qZBJAPBj2Fj2nDnMkWrQ=w400-h225

Demikian tulisan kali ini tentang cara mengeluarkan siswa dari Dapodik. Semoga ini bisa membantu pekerjaan teman-temnan di sekolah. Terima kasih.


Posting Komentar untuk "Mengeluarkan Siswa Dari Dapodik"