Menggunakan Fitur Database Backup di Aplikasi Raport K13 - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggunakan Fitur Database Backup di Aplikasi Raport K13

Fitur Backup Database pada aplikasi G-Raport K13 digunakan untuk membuat file arsip. kemudian file arsip itu nanti bisa dibuka kembali dengan aplikasi  G-Raport K13. Fitur ini  bisa juga di gunakan untuk mengolah data raport lebih dari  1 kelas secara bergantian pada komputer atau laptop yang sama.

Langkah menggunakan fitur database backup ini bisa di bagi menjadi 2 yaitu Backup Data dan Buka Data Backup. Dua langkah nanti akan kita jelaskan satu per satu. 

Daftar isi

Backup Data

Langkah pertama adalah backup data yaitu, membuat file backup dari data yang sudah kita input. hasil dari backup data ini nantinya berupa file Microsoft Access atau file mdb. file data backup memungkinkan pengguna untuk membuka kembali file tersebut di laptop atau komputer lain yang sudah terinstall G-Raport K13.  

Langkah-langkah Backup Data :

  1. Isi seluruh data  yang dibutuhkan dalam pembuatan raport (data satu kelas).
  2. Setelah mengisi seluruh data, back-up data raport dengan mengklik tombol Backup pada menu tambahan (kanan bawah).
  3. Pada jendela “save dialog” tentukan letak folder tempat anda akan menyimpan file backup pada save in, dan beri nama file backup pada text box file name lalu klik tombol save.

Pada satu file backup tersimpan data raport untuk satu kelas. setelah melakukan Backup data selanjutnya anda bisa mengosongkan data G-Raport K13 dan mengisi lagi dengan data raport kelas yang lain.

Buka Data Backup / Open Backup

Langkah kedua adalah Buka Data Backup, yaitu membuka kembali file mdb yang merupakan hasil dari backup data sebelumnya. pada langkah sebelumnya juga sudah dijelaskan bahwa dengan data backup ini pengguna dapat membuat kembali file backup di laptop atau komputer lain. atau juga membuka kembali file backup pada komputer yang sama setelah diinstall ulang.

Langkah-langkah Buka Data Backup :

  1. Klik tombol Open Backup. 
  2. Cari folder tempat anda menyimpan file backup,
  3. pilih file backup yang ada.
  4. klik Open.

Untuk membuka file backup di komputer lain anda bisa memindahkan (copy paste) file backup ke  komputer yang lain dan membukanya dengan aplikasi G-Raport K13 yang ada pada komputer tersebut.

Demikian artikel kali ini tentang penggunaan fitur database backup di aplikasi G-Raport K13. semoga membantu pekerjaan anda dalam membuat arsip raport siswa di sekolah. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Menggunakan Fitur Database Backup di Aplikasi Raport K13 "