Rename Otomatis Poto Siswa dari NIS/NIPD menjadi Nama Siswa atau Sebaliknya - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rename Otomatis Poto Siswa dari NIS/NIPD menjadi Nama Siswa atau Sebaliknya

Mengganti nama file poto siswa tidak jarang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan sekolah. Karena itu akan sangat merepotkan bagi petugas sekolah dalam hal ini biasa dilakukan oleh operator jika dalam sekolah tersebut terdapat ratusan bahkan sampai ribuan siswa. Bayangkan saja jika harus mengganti nama file poto siswa satu per satu sampai ribuan siswa, ttentu itu akan sangat merepotkan dan membutuhkan waktu yang sangat lama. 

Mengganti nama file poto siswa tidak jarang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan sekolah. Karena itu akan sangat merepotkan bagi petugas sekolah dalam hal ini biasa dilakukan oleh operator jika dalam sekolah tersebut terdapat ratusan bahkan sampai ribuan siswa. Bayangkan saja jika harus mengganti nama file poto siswa satu per satu sampai ribuan siswa, tertentu itu akan sangat merepotkan dan membutuhkan waktu yang sangat lama. 

Maka akan sangat memudahkan bagi petugas terkait jika ada cara mengganti nama file dalam jumlah banyak secara otomatis. sehingga mengganti nama file poto siswa yang dalam jumlah ribuan bisa kita selesaikan dalam waktu kurang dari satu menit saja.  

AM Rename - Aplikasi Rename File Otomatis

Sampai saat ini belum ada fitur bawaan dari windows yang dapat kita gunakan untuk mengganti nama file dalam jumlah banyak secara otomatis. Karena itu, agar dapat mengganti nama file poto siswa secara otomatis kita memerlukan aplikasi tambahan. di sini saya menggunakan aplikasi AM Rename.

AM Rename adalah aplikasi yang saya buat sendiri yang dapat  digunakan untuk mengganti nama file dalam jumlah banyak. 

AM Rename memiliki beberapa fitur atau metode untuk rename file dalam jumlah banyak. Dan yang akan kita gunakan kali ini sesuai dengan kebutuhan kita adalah fitur yang dinamakan Daftar/List.

Rename File Poto Siswa Dengan AM Rename

Sebelumnya pastikan dulu anda sudah menyiapkan poto-poto siswa yang akan direname dan disimpan dalam satu folder, serta siapkan juga data siswa yang bisa didapat dari dapodik atau emis.

Langkah-langkah menggunakan fitur Daftar/List adalah sebagai berikut :

  1. Klik tombol Browse di sebelah kiri atas. Lalu pilih folder tempat kita menyimpan poto siswa yang akan kita rename.
  2. Setelah memilih folder maka akan terlihat nama file yang ada di dalam folder yang terpilih. dalam hal ini nama-nama file yang terlihat adalah file poto siswa.
  3. Copy NIS/NIPD dari data siswa lalu paste di list nama file lama 
  4. Copy Nama Siswa dari data siswa lalu paste di list nama file baru
  5. Klik tombol Rename File(s)

Anda juga bisa preview file sebelum melakukan rename, untuk menyesuaikan hasil yang kita dapat dengan yang kita inginkan.

Lihat Video Tutorialnya DI SINI dan anda juga bisa Download AM Rename

Posting Komentar untuk "Rename Otomatis Poto Siswa dari NIS/NIPD menjadi Nama Siswa atau Sebaliknya "