Cara Menghitung Jumlah Data di Excel Tanpa Formula - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Jumlah Data di Excel Tanpa Formula

Berbagai fitur disediakan oleh Microsfoft untuk memudahkan penggunanya dalam bekerja. Karena itu di Excel untuk mendapatkan satu hasil yang sama kita bisa melakukannya dengan cara yang berbeda. Contohnya ketika ingin mencari jumlah suatu data dalam table kita bisa menggunakan formula COUNT atau COUNTIF yang telah banyak digunakan pengguna Excel, tapi masih ada juga cara lainnya yaitu menggunakan fitur PivotTable.

Pivot table adalah fitur yang sangat mudah dipelajari dan sangat memudahkan kita dalam menganalisa suatu data. Kita bisa menghitung jumlah data dan menjumlahkan data dengan otomatis hanya dengan drag and drop kolom yang ingin kita analisa. Dengan fitur ini kita tidak perlu menggunakan fungsi yang rumit yang mengharuskan kita mengisi parameter yang kadang membingunkan sebagian pengguna excel. Hanya dengan mengetahui langkah langkahnya kita bisa mendapatkan hasil yang sama bahkan dalam kasus tertenu hasilnya terkadang lebih baik dari saat kita menggunakan formula.

Nah, pada artikel kali ini saya akan jelaskan cara menggunakan PivotTable untuk menghitung jumlah data di excel yang ada pada table di bawah ini. 


Seperti yang kita lihat, tabel di atas terdiri dari 5 kolom yaitu : No, NIPD, Nama Siswa, Jenis Kelamin, dan  Umur. Kita akan mencoba menghitung total jumlah siswa, jumlah laki-laki dan perempuan, dan jumlah siswa berdasarkan umur tanpa formula. Kita hanya cukup drag kolom yang ingin dihitung jumlahnya, maka hasilnya akan ditampilkan.

Cara menghitung jumlah data di Excel dengan PivotTable

Cara menghitung jumlah data di Excel dengan PivotTable atau tanpa formula adalah sebagai berikut :

  1. Blok semua data dalam tabel termasuk table header atau judul tabel
  2. Klik tab "Insert"
  3. Klik "PivotTable" 

  4. Pada jendela selanjutnya kita bisa pilih "New Worksheet" untuk membuat PivotTable di sheet baru atau kita bisa pilih "Existing Worksheet" untuk membuat PivotTable di sheet yang sedang kita buka ini. Di sini saya pilih "Existing Worksheet".
  5. Pada "Location" kita isi dengan cell tempat membuat PivotTable, di sini saya pilih cell yang dekat dengan tabel yaitu cell "G2", Lalu klik "OK" 

  6. Pada "PivotTable Fields" yang ada di sebelah kanan drag kolom NIPD ke area Values, kolom Umur ke area Rows dan kolom Jns Kelamin ke area Columns

  7. Selesai, jumlah data siswa sekarang ditampilkan dalam format tabel seperti di bawah ini 

Demikian artikel kali ini tentang cara menghitung data di excel tanpa formula, semoga artikel ini membantu.


Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Jumlah Data di Excel Tanpa Formula"