Text to Columns di Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Text to Columns di Excel

Text to Columns adalah fitur di Microsoft Excel yang bisa kita gunakan untuk memisahkan text yang ada dalam satu kolom menjadi beberapa kolom. Teks yang di dalam 1 cell dipisahkan dengan tanda pemisah berupa tab, spasi, tanda koma, tanda petik atau karakter lainn yang bisa kita inputkan sendiri. Teks bisa kita pisahkan menjadi beberapa cell tergantung dari jumlah pembatas yang ada dalam cell tersebut. 

Data yang biasa kita temukan berkaitan dengan permasalahan ini adalah data tempat dan tanggal lahir, tekadang data ini dijadikan satu kolom yaitu kolom tempat dan tanggal lahir. Tapi terkadang pada data yang lain data ini di jadikan 2 kolom yang berbeda yaitu kolom “tempat lahir” dan “tanggal lahir”. Contoh juga pada data yang biasanya kita lihat di pendataan negara luar yaitu data nama atau “Name” di pisahkan menjadi “First Name” dan “Last Name”.

Untuk lebih mempermudah penjelasan, kita akan menggunakan data yang ada pada tabel di bawah ini : 


Seperti yang kita lihat, Tabel di atas terdiri dari 4 kolom di mana kolom pertama berisi data nama, tempat lahir dan tanggal lahir yang disimpan dalam 1 kolom. Nah, data pada kolom pertama ini akan kita pisahkan menjadi 3 kolom yang ada di sebelahnya.

Untuk memisahkannya kita perlu memperhatikan karakter yang menjadi pemisah dari data yang ingin dipisahkan. Pada contoh ini karakter pemisah yang digunakan adala tanda koma. Karakter koma ini akan kita gunakan untuk memisahkan data Nama, Tempat Lahir dan Tanggal Lahir menjadi 3 kolom.

Cara memisahkan teks dalam 1 kolom menjadi beberapa kolom dengan fitur Text to Columns

  1. Blok semua data tanpa tabel header pada kolom yang ingin dipisahkan. pada contoh ini adalah kolom pertama
  2. Klik tab "Data"
  3. Klik "Text to Columns" 

  4. Pada jendela ini pilih "Delimited", kemudian klik "Next" 

  5. Pada jendela ini pilih pembatas yang ingin kita gunakan pada "Delimiter" seperti Tab, Semicolon, Coma, Space dan Other. Pada contoh ini saya pilih coma sebagai pembatas, kamu bisa memlih pembatas yang lain sesuai dengan data yang kamu punya. Atau kamu bisa pilih Other untuk menggunakan karakter yang bisa kamu tentukan di textbox di sebelahnya 

  6. Pada jendela ini masukkan cell tempat kita ingin menampilkan hasilnya di "Destination". Pada contoh ini saya isi "Destination" dengan cell di baris pertama kolom nama yaitu cell $B$2.
  7. Kemudian masih di jendela yang sama pada "Data Preview" kita pilih kolom untuk mengatur tipe data. Pada contoh ini saya pilih kolom tanggal lahir yang ada di paling kanan kemudian pada Column Data Format saya atur menjadi Date dengan format DMY. Lalu klik "Finish" 

  8. Klik "OK" pada pesan konfirmasi “There’s already data here. Do you want to replace it?”
  9. Selesai, hasilnya seperti pada gambar di bawah ini. 

Demikian tulisan kali ini tentang fitur Text to Columns di Excel, semoga membantu pekerjaan kamu di kantor.


Posting Komentar untuk "Text to Columns di Excel"