Cara memasukkan siswa pindahan ke Dapodik - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara memasukkan siswa pindahan ke Dapodik

Pendidikan di era digital ini menuntut tenaga pendidik untuk ikut mengikuti perkembangan teknologi. Paling tidak, tenaga pendidik terutama yang bergelut di pendataan mengetahui pendataan siswa, PTK, sarpras dan pendataan lainnya yang kini diolah dalam satu aplikasi yaitu aplikasi Dapodik. 

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara mengeluarkan siswa dari dapodik karena pindah sekolah atau mutasi. Nah, pada artikel kali ini saya akan jelaskan cara memasukkan siswa pindahan ke dapodik.

Jika siswa yang mutasi keluar bisa kita keluarkan langsung dari aplikasi dapodik yang kita install di komputer, maka berbeda dengan siswa mutasi masuk. Untuk memasukkan siswa ke dapodik karena mutasi, sebaiknya tidak kita lakukan langsung di aplikasi dapodik semi online yang kita install di komputer. Tapi, kita menambahkannya melalui website dapodik online dengan proses tarik data.

Tapi, sebelum kita bisa memasukkan siswa di dapodik, kita pastikan dulu kalau siswa memang sudah keluar dari dapodik sekolah asalnya.

Cara menambahkan siswa dari Dapodik ke Dapodik

Untuk menambah siswa mutasi masuk melalui dapodik online, ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Buka website dapodik online di https://dapo.kemdikbud.go.id
  2. Klik “Login” yang ada di sebelah kanan lalu pilih “Manajemen Sekolah” 

  3. Klik "Login menggunakan SSO Dapodik"
  4. Masukkan username dan password dapodik lalu klik “Masuk”
  5. Klik menu “Aplikasi” kemudian klik “Mutasi” 

  6. Setelah itu di bawah akan muncul form yang harus di isi berupa Provinsi (sekolah asal), Kabupaten Kota (sekolah asal), Kecamatan (Sekolah asal) , Nama sekolah (sekolah asal) dan Rombel Tujuan (sekolah tujuan).
  7. Setelah semua form diisi klik tombol "Tampilkan"
  8. Scroll ke bawah untuk melihat data siswa mutasi keluar atau siswa pindahan dari sekolah asal. Cari data siswa yang ingin anda masukkan di dapodik sekolah anda.  Jika data siswa tidak ada maka kemungkinan siswa yang pindah tersebut belum dikeluarkan dari dapodik di sekolah asalnya. Silahkan minta kepada sekolah asalnya untuk mengeluarkan siswa bersangkutan dari dapodik di sekolah asalnya.
  9. Jika data siswa ada, beri tanda centang pada data siswa pindahan tersebut lalu klik “Daftarkan”
  10. Jika sudah selesai, anda bisa lakukan tarik data atau sinkronisasi di aplikasi dapodik . jika data siswa belum masuk, tunggu hingga 24 jam untuk sinkronisasi atau tarik data kembali.

Dengan memasukkan data melalui dapodik online kita tidak perlu lagi memasukkan data siswa seperti nama, agama, jenis kelamin dan yang lainnya satu per satu. Kita hanya perlu Tarik data dan data siswa sudah masuk ke dapodik sekolah tujuannya. Karena input data memang sudah dilakukan sebelumnya di sekolah asalnya.

Yang harus dilakukan setelah memasukkan siswa di dapodik online

Setiap kemudahan tentu ada kekurangannya, diantara kekurangannya adalah jika data siswa pada sekolah asal salah maka data siswa yang diterima di sekolah tujuan juga akan salah. Karena itu, setelah melakukan mutasi masuk siswa sebaiknya periksa lagi data siswa baru yang anda tambahkan ke dapodik. Karena saya sendiri terkadang menemukan kesalahan data yang bisa dikatakan kesalahan fatal seperti Nama siswa, nama ibu kandung, tanggal lahir dan yang lainnya. Tapi pekerjaan memeriksa ulang data siswa tentunya lebih ringan dari pada kita harus memasukkan data siswa tersebut dari awal.

Demikian artikel kali ini tentang cara memasukkan siswa ke Dapodik, semoga artikel ini membantu pekerjaan sobat operator di sekolah.

Posting Komentar untuk "Cara memasukkan siswa pindahan ke Dapodik"