Cara Menghitung Jumlah Data di Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Jumlah Data di Excel

Menghitung jumlah data di excel dapat kita lakukan secara otomatis dengan memanfaat fungsi yang telah disediakan. Kita bisa menggunakan fungsi COUNT untuk menghitung jumlah keselurhan data, atau juga kita bisa menggunakan fungsi COUNTIF untuk menghitung jumlah data dengan satu kriteria tertentu, atau juga kita bisa menggunakan fungsi COUNTIFS jika ingin menghitung data dengan kriteria lebih dari satu.

Sebagai contoh di sini saya sudah siapkan contoh data yang akan kita hitung jumlah datanya, baik jumlah keseluruhan dan juga jumlah data dengan kriteria. 

Pada data di atas kita akan coba menghitung seluruh data kemudian menampilkan hasilnya di cell J4 Dan menghitung jumlah data pegawai laki-laki (menghitung jumlah data dengan satu kriteria yaitu laki-laki) kemudian menampilkan hasilnya di cell J7 dan yang terakhir menghitung jumlah data pegawai Laki-laki yang berumur lebih dari 30 tahun (menghitung jumlah data dengan lebih dari satu kriteria yaitu jenis kelamin laki-laki dan umurnya lebih dari 30 tahun). 

Cara Menghitung Jumlah Data di Excel Tanpa Kriteria

Untuk menghitung jumlah seluruh data di excel kita bisa menggunakan Fungsi COUNTA. Fungsi ini akan mengembalikan jumlah data dalam satu tabel tanpa ada kriteria tertentu.

Penulisan Fungsi COUNTA

Meskipun pada petunjuk pengisian parameter terdapat jumlah parameter yang tidak terbatas, tapi untuk mengetahui jumlah data dalam suatu tabel kita bisa mengisi Fungsi ini dengan satu parameter saja yaitu Range, dimana range ini merupakan range dari data yang ingin kita cari jumlahnya. Pada contoh ini saya akan menggunakan range C4:C10. Karena itu pada cell J4 kita bisa ketikkan Fungsi sebagai berikut :

=COUNTA(C4:C10)

Hasil dari Fungsi di atas adalah 7. Karena pada tabel contoh terdapat 7 baris data. 


Cara Menghitung Jumlah Data di Excel Dengan Satu Kriteria 

Jika kita sering bekerja dengan mengolah data, maka tentunya menghitung jumlah data dengan kriteria tertentu bukan hal yang jarang kita temukan. Banyak contoh data yang mengharuskan kita untuk menghitung jumlah dengan kriteria tertentu. 

Seperti pada data contoh yang kita gunakan, kita akan coba menghitung jumlah data khusus pegawai laki-laki saja. Dan hasilnya akan kita tampilkan di cell J7. Karena itu pada cell J7 kita ketikkan Fungsi sebagai berikut :

=COUNTIF(D4:D10;"L")

Fungsi COUNTIF memiliki 2 parameter yaitu yang pertama adalah parameter range, yang kita isi dengan range dari kriteria yang ingin kita cari jumlahnya. Pada contoh ini saya isi dengan range dari kolom jenis kelamin yaitu Range D4:D10. Sedangkan parameter yang kedua adalah criteria yang kita isi dengan kriteria yang ingin kita hitung jumlahnya. Karena kita ingin menghitung jumlah pegawai laki-laki maka pada parameter ini saya isi dengan “L”.

Hasil dari Fungsi COUNTIF di atas adalah adalah 4 karena jumlah semua pegawai laki-laki adalah 4 orang. 


Cara Menghitung Jumlah Data di Excel Dengan Lebih Dari Satu Kriteria 

Untuk menghitung jumlah data di Excel dengan lebih dari satu kriteria kita bisa menggunakan Fungsi COUNTIFS.

=COUNTIFS(criteria_range1;criteria1;[criteria_range2;criteria2];[criteria_ange3;..)

Fungsi COUNTIFS memiliki jumlah parameter yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita, tapi pada penerapannya sebenarnya kita akan memasukkan range dan kriteria yang akan kita cari. Karena itu jika kita ingin mencari data dengan 2 kriteria maka kita akan memasukkan 4 parameter yang terdiri dari :

criteria_range1 : merupakan range dari kriteria pertama yang dicari

criteria1 : merupakan kriteria pertama yang dicari 

criteria_range2 : merupakan range dari kriteria kedua yang dicari

criteria2 : merupakan kriteria kedua yang dicari

Pada tabel contoh yang kita gunakan, kita akan mencari jumlah pegawai laki-laki yang berumur lebih dari 30 tahun. Karena itu Karena itu pada cell J7 kita ketikkan Fungsi sebagai berikut : 

=COUNTIFS(D4:D10;"L";F4:F10;">30")

Pada range1 kita isi dengan range jenis kelamin (D4:D10) kemudian criteria1 kita isi dengan jenis kelamin yang kita cari jumlahnya (“L”), sedangkan pada range2 kita isi dengan range umur (F4:F10) kemudian criteria2 kita isi dengan umur yang kita cari jumlahnya (“>30").

Hasil dari Fungsi COUNTIFS di atas adalah adalah 2 karena jumlah pegawai laki-laki yang berumur lebih dari 30 tahun adalah 2 orang. 

Cara Menghitung Jumlah Data Yang Berisi Angka di Excel

Untuk menghitung jumlah data yang berisi angka kamu bisa menggunakan Fungsi COUNT.

Seperti fungsi COUNTA parameter Fungsi Count ini bisa kita isi dengan range yang ingin kita hitung jumlah data yang berisi angka di dalamnya. Contohnya :

=COUNT(F4:F10)

Fungsi di atas akan menampilkan jumlah data yang berisi angka diantara range F4:F10.

Cara Menghitung Jumlah Data Yang Kosong di Excel

Untuk menghitung jumlah data yang kosong kamu bisa menggunakan Fungsi COUNTBLANK.

Seperti fungsi COUNT dan COUNTA parameter Fungsi COUNTBLANK ini bisa kita isi dengan range yang ingin kita hitung jumlah data kosong yang ada di dalamnya. Contohnya :

=COUNTBLANK(C4:C10)

Fungsi di atas akan menampilkan jumlah data yang kosong diantara range F4:F10.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Jumlah Data di Excel"