Cara Membuat Grafik di Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Grafik di Excel

Mengolah data angka terkadang membutuhkan pembuatan grafik. Dengan grafik laporan dapat telihat lebih sederhana dan mudah dibaca. Perbandingan nilai data satu dengan data yang lain akan terlihat jelas Ketika data disajikan dalam bentuk  grafik.

Di Microsoft Excel, grafik dapat kita buat dengan mudah dan dengan pilihan yang lengkap dari grafik batang, grafik garis, grafik lingkaran dan model grafik yang lainnya. Selain itu pengaturan grafik di aplikasi excel juga sangat mudah mulai dari memilih warna grafik, ukuran, judul grafik dan pengaturan yang lainnya.

Meskipun Microsoft Excel sudah menyajikan tampilan yang bisa dikatakan sangat mudah dalam membuat grafik, tapi tidak jarang orang yang baru belajar excel masih bingung ketika ingin membuat grafik. Karena itu pada tulisan kali ini kita akan membahas cara membuat grafik di Excel.

Membuat Grafik di Excel

Pada tulisan kali ini kita akan menggunakan tabel di bawah ini untuk kita buatkan grafik. 


Dan seperti dikatakan di atas bahwa membuat grafik di Excel sangat mudah. Caranya kamu tinggal ikuti Langkah-langkah berikut :

  1. Blok data yang ingin kamu tampilkan pada grafik tanpa mengikutkan Table Header. Pada contoh ini saya blok range B3:C5
  2. Klik tab Insert kemudian Pilih model grafik yang ingin kamu tampilkan pada toolbar yang tersedia seperti pada gambar di bawah ini. 

  3. Pada tulisan ini saya pilih grafik kolom yang terlihat pada gambar di bawah. 

Setelah menampilkan grafik kamu bisa mengatur posisi dan ukuran , judul chart, warna chart dan style chart sesuai dengan yang kamu inginkan..

Mengatur Posisi dan Ukuran Grafik

Cara mengatur Posisi sama seperti anda mengatur posisi dan ukuran pada shape atau gambar, yaitu dengan drag and drop pada garis jika ingin mengganti ukuran, dan drag and drop di tengah chart jika ingin memindahkan posisi chart

Mengganti Judul Grafik

Cara mengganti Judul Grafik yaitu dengan klik 2 kali langsung pada judul grafik yang pada awalnya judul chart biasanya diberi nama Chart Title


Mengganti Warna Grafik

Cara mengganti warna pada grafik kamu bisa dobel klik pada grafik kemudian pilih Change Colors, kemudian pada dropdownlist warna, kamu bisa pilih warna yang kamu inginkan. 


Mengganti Style Grafik

Cara mengganti style dari grafik kamu bisa klik pada grafik kemudian Klik scrollbar yang di sebelah ujung kanan kelompok Chart Style, lalu pilih salah satu Style dari grafik yang kamu inginkan pada list yang disediakan. 


Mengganti Type atau Model Grafik

Untuk mengganti type grafik kamu bisa dobel klik pada grafik lalu klik Change Chart Type di toolbar. Kemudian pada jendela selanjutnya kamu bisa memilih type atau model grafik yang kamu inginkan. 

Seperti pada gambar di bawah ini adalah grafik dengan model PieChart. 


Membuat Grafik Dengan 2 Variabel Menggunakan PivotChart

Selanjutnya kita akan mencoba membuat grafik dengan 2 variabel seperti pada data di bawah ini. 

Dan yang ingin kita hasilkan nanti adalah menampilkan grafik jumlah penjualan salesman di masing-masing kecamatan. 

Untuk mendapatkan grafik seperti itu kita akan menggunakan PivotChart. Nah, untuk membuat grafik dengan PivotChart kamu bisa ikuti Langkah-langkah berikut ini :

  1. Blok semua data termasuk header tabel
  2. Klik tab Insert
  3. Klik PivotChart 

  4. Pada Jendela  Create PivotChart pilih Existing Worksheet lalu pada Location isi dengan cell yang ada di sebelah kanan tabel, pada contoh ini saya pilih cell F2, lalu klik OK. 
  5. Pada PivotChart Fields drag field Wilayah / Kecamatan ke Legend (Series), drag field Nama Salesman ke Axis (Categories) dan Jumlah Unit ke Values

  6. Jika sudah selesai hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini. 

Demikian artikel kali ini tentang cara membuat grafik di Excel. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu pekerjaanmu di kantor.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Grafik di Excel"