Cara Membuat Selang-seling Warna Baris di Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Selang-seling Warna Baris di Excel

Cara Membuat Selang-seling Warna Baris di Excel - Selain membuat tampilan laporan menjadi lebih menarik, selang-seling warna baris juga bisa membuat pembaca laporan lebih mudah dan tidak keliru Ketika membaca data. Karena setiap baris di warnai dengan 2 warna yang berbeda secara bergantian. Jadi, kemungkinan data dibaca dengan tertukar lebih kecil.

Kita bisa membuat selang-seling warna baris di Excel dengan banyak cara, bisa dengan cara manual ataupun dengan menggunakan fitur Conditional Formatting. Tentunya dengan menggunakan conditional formatting akan lebih baik, karena warna baris akan tetap sama Ketika kita mengubah urutan data dengan kolom yang berbeda. Lain halnya jika kita memberi warna baris dengan langsung memberi “fill color” pada baris, Warna akan mengikuti data Ketika kita mengubah urutan data yang menyebabkan warna baris menjadi berantakan.

Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan contoh data di bawah ini yang akan kita beri selang seling warna baris pada tabel yang ada.


Memberi Warna Baris dengan Conditional Formatting

Untuk memberi warna baris dengan conditional formatting, kamu bisa ikuti Langkah-langkah berikut ini :

  1. Blok semua data yang akan diberi warna baris, tidak termasuk kolom header
  2. Kemudian klik tab “Home”
  3. Klik “Conditional Formatting”
  4. Pilih “New Rule” 

  5. Pada “Select a Rule Type :" pilih “Use a formula to determine which cells to format”
  6. Kemudian pada “Formula values where this formula is true :” kita masukkan fungsi “=ISODD(ROW())” jika kita ingin memberikan warna pada baris yang bernomor ganjil atau “=ISEVEN(ROW())” jika kita ingin memberikan warna pada baris yang bernomor genap.
  7. Kemudian Klik tombol “Format” 

  8. Lalu pilih “Fill”
  9. Kemudian pilih warna baris yang kita inginkan pada pilihan warna yang tersedia.
  10. Lalu klik “OK” 

  11. Kemudian klik “OK” lagi. 

  12. Selesai, hasil akan terlihat seperti pada gambar di bawah 

Demikian artikel kali ini tentang cara membuat selang-seling warna baris di Microsoft Excel. Semoga artikel ini membantu kamu dalam bekerja. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Selang-seling Warna Baris di Excel"