Cara Membatasi Input Hanya Angka di Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membatasi Input Hanya Angka di Excel

Cara Membatasi Input Hanya Angka di Excel - Pada data tertentu terkadang kita ingin suatu cell atau kolom hanya dapat diisi dengan angka. Misalkan pada kolom NIK, No HP, Nilai Siswa, dan masih banyak lagi data angka yang dapat kita jumpai dalam bekerja mengolah data.

Nah, Membatasi pengguna dalam mengisi data hanya angka dapat kita lakukan dengan menggunakan fitur Data Validation

Setelah pengaturan Data Validation kita ubah, maka cell atau kolom yang kita atur nanti hanya dapat diisi dengan angka dan tidak dapat diisi dengan huruf ataupun symbol.

Jika yang dimasukkan huruf atau symbol maka akan tampil pesan peringatan bahwa kolom tersebut hanya dapat diisi dengan angka.

Dengan memanfaatkan data validation kesalahan dalam menginput data bisa dikurangi.

Membatasi Input Hanya Angka di Excel

Untuk menjelaskan pengaturan data validasi saya akan menggunakan tabel di bawah ini sebagai contoh. Pada tabel ini kita akan membatasi pengguna memasukkan nilai siswa hanya angka 0 sampai dengan 100. 


Untuk pembatasan seperti pada contoh, Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Blok cell atau kolom yang ingin di batasi input hanya angka. Dalam contoh ini adalah kolom Nilai Siswa
  2. Kemudian Klik Tab Data
  3. Kemudian Klik Data Validation

  4. Pada Jendela Data Validation klik Tab Setting
  5. Kemudian Pada Kolom Allow ubah Any Value menjadi Whole Number
  6. Karena saya akan membatasi hanya angka 0 sampai 100 maka pada Minimum saya isi angka 0 dan Maximum saya bari angka 100. Kamu bisa ubah sesuai dengan kebutuhanmu.

  7. Selanjutnya klik tab Error Alert
  8. Pada Title isi dengan judul pesan yang akan muncul Ketika pengguna mengisi data dengan data yang salah atau data bukan angka.
  9. Pada Error Message isi dengan isi pesan yang muncul Ketika pengguna mengisi data dengan data yang salah atau data bukan angka.
  10. Jika sudah kamu bisa klik OK.

Sekarang pengguna sudah tidak bisa lagi memasukkan data selain angka di kolom Nilai Siswa. Dan jika terjadi kesalahan, mislakan pengguna memasukkan huruf maka akan muncul pesan yang sudah kita atur di atas. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini. 


Itu saja pembahasan kali ini tentang cara membatasi pengguna agar menginput hanya data angka, semoga mebantu pekerjaanmu di kantor. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membatasi Input Hanya Angka di Excel"