Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Akun Youtube yang Dihapus Permanen

Menerima email dari YouTube tentang pemblokiran channel kita memang sangat mengesalkan. Bahkan ada rasa khawatir bahwa channel kita tidak akan Kembali lagi. Sedangkan video-video yang kita upload sudah banyak. Atau bahkan ada yang baru dimonetisasi kemudian dihapus oleh YouTube.

Sebagaimana kita tahu bahwa YouTube adalah platform video dengan jumlah komunitas yang sangat besar. Karena itu mereka bekerja sangat professional. YouTube tidak mungkin menghapus channel sembarangan atau semaunya. Semua penghapusan atau pemblokiran channel itu berdasarkan peraturan dan pedoman komunitas.

Setelah dihapus secara permanen kamu tidak akan dapat mengakses channel kamu lagi,. Channel kamu juga tidak akan dapat ditonton dan ditemukan di penelusuran YouTube. Bahkan kamu tidak akan diizinkan membuat channel baru lagi dengan akun yang sama.

Tapi, bagi kamu yang menerima email penghapusan itu, tidak usah panik dulu. Karena channel kamu masih ada harapan untuk dikembalikan. Apalagi ini pertama kali channel kamu dihapus, maka kemungkinan channel kamu akan kembali sangat besar. 

Sebelum kita ke penjelasan cara mengembalikan channelmu, saya jelaskan dulu bahwa email yang saya terima dalam berbahas inggris. tapi, untuk langkah selanjutnya saya diarahkan ke halaman Bahasa Indoensia. 

Untuk mengembalikan channel yang dihapus kamu perlu membaca secara detail email yang dikirimkan. Pada email itu akan ada keterangan secara umum tentang pelanggaran yang kamu lakukan dan apa langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan.

Keterangan Pelanggaran yang Kamu Lakukan

Untuk melihat keterangan secara umum tentang pelanggaran yang kamu lakukan kamu bisa lihat seperti pada gambar di bawah. 

Setelah itu kamu bisa baca lagi pedoman komunitas YouTube tentang keterangan pelanggaran yang kamu lakukan. Di sana akan ada banyak poin, kamu bisa lihat mungkin ada poin yang sudah kamu langar.

Cara Mengembalikan Channel yang Dihapus Permanen

Hal yang bisa kamu lakukan dapat kamu lihat di “What you can do next”. kamu bisa lihat 2 hal yang harus kamu lakukan :
  • Melihat Kembali Youtube’s Community Guidelines
  • Ajukan banding dengan mengisi form yang disediakan. Kamu dapat mengakses form ini dengan klik link yang disertakan di email. 

Cara Mengisi Form Pengajuan Banding

Form yang disediakan untuk pengajuan banding sangat sederhana. Kamu hanya harus mengisi beberapa field ada dalam form :

  • Nama lengkap anda
  • Alamat email yang Anda gunakan untuk login ke channel YouTube
  • Alamat email yang dapat kami gunakan untuk menghubungi Anda 

  • URL channel YoutTube yang ditangguhkan. Alamar URL ini bisa kamu dapat dari email yang dikirim seperti pada gambar di bawah ini.
  • Kemudian di field yang terakhir kamu isi dengan permohonan pemulihan channel. Pada field ini kamu jelaskan kenapa channel kamu dihapus secara keliru dan tidak seharusnya dihapus. 

Setelah kamu mengisi semua field, kamu bisa klik tombol Kirim. Jika proses pengiriman banding berhasil google akan langsung mengirimkan email ke alamat email kamu yang bisa dihubungi seperti yang telah kamu isi di atas. Email yang dikirim berisi pemberitahuan peninjauan ulang terhadap channel kamu, Biasanya butuh sampai 2 hari untuk melakukan peninjauan tapi kadang lebih. 

Setelah itu kamu tinggal menunggu kabar selanjutnya dari google yang akan dikirim Kembali melalui email yang sama. 

Saya sendiri telah melakukan 2 kali banding untuk channel youtube saya yang dihapus. karena setelah menunggu 5 hari tidak ada kabar, akhirnya saya mengisi form banding lagi di hari kelima dan alhamdulillah channel YouTube saya yang saya beri nama aMustilan bisa saya akses kembali. 


Semoga permohonan banding yang kamu ajukan diterima dan kamu bisa membuat konten-konten video lagi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Akun Youtube yang Dihapus Permanen"