Buku Kas Umum Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Kas Umum Excel

Buku Kas Umum adalah catatan atau laporan tentang keluar masuknya uang. Biasanya buku kas umum atau yang biasa disebut BKU ini terdiri dari 5 kolom utama yaitu : Tanggal transaksi, Uraian / Keterangan, Debet, Kredit dan Saldo. 

Download Buku Kas Umum

Pada artikel kali ini saya ingin berbagi contoh buku kas umum sederhana yang saya buat dengan Microsoft Excel. Kamu bisa download buku kas umum ini dengan gratis yang bisa kamu pakai untuk mendata keuangan di kantormu atau kamu bisa juga menggunakan untuk tambahan referensi jika ingin belajar membuat aplikasi sejenis dengan menggunakan Microsoft Excel.

Pada Buku Kas Umum ini, kolom saldo akan terisi otomatis setelah menginput data di kolom debet atau kredit. Jika kita menginput data di kolom debet maka kolom saldo akan terisi otomatis dengan nilai saldo awal ditambah debet. Sedangkan jika kita menginput data di kolom kredit maka kolom saldo akan terisi otmatis dengan nilai saldo awal dikuraingi kredit.

Bagi kamu yang ingin mencoba Aplikasi Buku Kas Umum ini, kamu bisa download di link di bawah ini :

DOWNLOAD BUKU KAS UMUM EXCEL

Cara Membuat Buku Kas Umum Menggunakan Excel

Sebelum kita mulai pembelajaran cara membuat Buku Kas Umum sederhana ini, Pastikan kamu sudah siapkan tabel yang terdiri dari 5 kolom yaitu Tanggal, Uraian, Debet, Kredit, dan Saldo. Contoh tabel bisa kamu lihat seperti pada contoh di bawah ini. 

Pada tabel ini kita akan memasukkan rumus di kolom Saldo, karena kolom saldo nantinya akan terisi otomatis mengikuti jumlah pendapatan atau pengeluaran, seperti pada contoh Buku Kas Umum di atas. Sedangkan kolom yang lain merupakan kolom tempat input data.

Nah, untuk mengisi rumus pada kolom Saldo, kamu bisa ikuti Langkah-langkah berikut ini :

  1. Pada kolom saldo baris pertama, kamu bisa isi rumusnya dengan cell debet baris pertama, yaitu pada contoh yang saya gunakan adalah cell C4. Jadi pada Saldo baris pertama atau cell E4 saya masukkan rumus “=C4” (tanpa tanda petik).
  2. Kemudian pada cell saldo baris 2 pada contoh yang saya gunakan adalah cell E5 saya masukkan rumus “=IF(AND(C5="";D5="");"";E4+C5-D5)” (tanpa tanda petik).
  3. Setelah mengisi rumus pada baris ke-dua atau cell E5, kamu bisa copy rumus yang baru saja kamu buat di cell E5 lalu paste di sisa baris di kolom saldo yang lain. 

  4. Selesai, sekarang kolom saldo akan terisi otomatis setelah kamu mengisi kolom debet atau kredit.

Demikian artikel kali ini tentang buku kas umum excel. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam bekerja di kantor.


Posting Komentar untuk "Buku Kas Umum Excel"