Aplikasi Data Siswa Gratis - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Data Siswa Gratis

Pada artikel kali ini saya ingin share aplikasi yang saya buat, dan sesuai judul tentunya gratis tanpa bayaran. Aplikasi ini saya beri nama OLDA (OLAH DASIS) yang merupakan aplikasi pengolah data siswa. Fungsinya untuk mengelompokkan siswa berdasarkan beberapa kriteria tertentu. Di aplikasi ini saya sudah siapkan 7 kriteria yang bisa digunakan yaitu : Umur, Sekolah Asal, Dusun, Desa, Kecamatan, Pekerjaan Ayah dan Pekerjaan Ibu.

Cara Menambahkan Data Siswa

Sebelum mengelompokkan data siswa, tentunya kita perlu menambahkan datanya terlebih dahulu. Ada 2 cara yang disediakan di aplikasi ini, yaitu menambah manual satu persatu dari form yang disediakan dan cara yang ke dua yaitu dengan menggunakan fitur import data siswa dari dapodik.

Menambahkan Data Siswa Melalui Form

Langkah-langkah menambahkan siswa melalui form :
  1. Pilih tab ENTRI DASIS
  2. Klik tombol Tambah
  3. Isi setiap kolom yang dibutuhkan. Kolom yang ada tanda bintang merah adalah kolom yang harus diisi (tidak boleh kosong).
  4. Jika semua data yang ada sudah diisi, selanjutkan klik tombol Simpan

Menambahkan Data Siswa Dengan Fitur Import Dari Excel

Data yang akan kita import adalah data siswa yang kita unduh dari aplikasi dapodik. Langkah-langkah menggunakan fitur import data:
  1. Download data peserta didik dari aplikasi dapodik
  2. Buka file yang sudah didownload lalu simpan dengan “Save as” menggunakan format Excel 2003 (*.xls)
  3. Pada aplikasi OLDA Klik tombol Import Dari Excel Dapodik, lalu pilih file unduhan yang telah dikonvert pada Langkah kedua di atas, kemudian klik tombol open.
  4. Jika Langkah-langkahnya sudah benar maka akan terlihat proses import berupa jumlah data yang sudah diimport, dan jika selesai maka akan muncul pesan import data berhasil berserta jumlah semua data yang berhasil diimport.

Mengelompokkan Data Siswa

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa aplikasi ini digunakan untuk mendapatkan informasi tentang jumlah dan data siswa berdasarkan kriteria yang ditentukan. Dengan aplikasi ini kamu hanya perlu memilih salah satu dari tujuh kriteria yang disediakan, maka data siswa akan dikelompokkan dan ditampilkan secara otomatis. 

Sebagai contoh jika kamu ingin menampilkan data siswa berdasarkan pekerjaan ayah, maka kamu tinggal memilih tab Pekerjaan Ayah, lalu kamu akan melihat data pekerjaan ayah berserta jumlah siswanya. Selanjutya jika kamu ingin menampilkan siswa dengan data Pekerjaan Ayah sebagai PNS/TNI/POLRI, kamu hanya tinggal memilih atau klik PNS/TNI/POLRI dan data di sebelahnya akan terlihat data siswa yang memiliki data Pekerjaan Ayah sebagai PNS/TNI/POLRI. Selanjutnya, kamu bisa melakukan Langkah yang sama pada kriteria yang lainnya. 

Mengelompokkan Rombel

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu mengelompokkan data siswa hanya pada rombel tertentu yang kamu pilih. Misalkan kamu ingin mengelompokkan data siswa pada rombel bernama “kelas 1” maka kamu hanya cukup memberi centang pada rombel “kelas 1” saja dan menghilangkan tanda centang pada rombel yang lainnya. Maka 2 data tabel di sebelahnya hanya menampilkan jumlah dan data siswa di rombel “kelas 1” saja.

Download Aplikasi Data Siswa

Bagi teman-teman yang ingin mencoba menggunakan aplikasi ini bisa download di link di bawah ini :


Demikian artikel kali ini tentang aplikasi data siswa. Semoga aplikasi ini bisa membantu pekerjaan kamu di sekolah.

11 komentar untuk "Aplikasi Data Siswa Gratis"

  1. Aplikasinya sangat membantu untuk saya dan cari data siswa.terima kasi Bapak

    BalasHapus
  2. kalo boleh cara edit kelas dan supaya bisa di pake di mts yang kelas rombel nya sampai 43 kelas kang gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahkan saja semua data siswanya. Nanti rombelnya ditambahkan sendiri.

      Hapus
  3. cara edit nya kang supaya bisa menambah kelas nya menjadi 43 rombel gimana kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahkan saja semua data siswanya. Nanti rombelnya ditambahkan sendiri.

      Hapus
  4. terima kasih aplikasinya sangat membantu, ada kendala saat menghapus data record nomor 5, kenapa yg terhapus record nomor 1, mohon pencerahannya

    BalasHapus