Cara Menghapus Proteksi Excel Worksheet Tanpa Password - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Proteksi Excel Worksheet Tanpa Password

Dalam dunia digital saat ini, penggunaan kata sandi (password) menjadi langkah umum untuk melindungi data penting. Diantara software yang sering digunakan adalah Microsoft Excel, yang memungkinkan pengguna untuk mengamankan worksheet dengan password proteksi. Tapi, ketika kita ingin membuka kembali proteksi tersebut, kita tidak jarang lupa password yang kita gunakan, kita perlu beberapa waktu untuk mengingat bahkan mencoba beberapa password, dan lebih parah lagi kita kadang sampai lupa sama sekali password yang kita gunakan. jika sudah begitu keadaannya maka kita tidak ada cara lain yaitu dengan menghapus proteksi tanpa password. 

Menghapus password proteksi di Excel worksheet adalah proses yang mungkin terlihat rumit, namun dalam artikel ini saya akan coba membahas cara yang dapat kamu ikuti untuk menghapus proteksi worksheet di microsoft excel dengan mudah.

Penting untuk dicatat bahwa penggunaan cara ini harus dilakukan dengan tanggung jawab penuh dan hanya digunakan pada file yang kamu miliki sendiri atau yang memiliki izin resmi. Tindakan ini harus selalu sesuai dengan hukum dan etika yang berlaku.

Sebelum kamu menghapus proteksi pada worksheet, pastikan kamu copy dulu filenya. agar nanti jika terjadi kesalahan yang membuat filenya jadi error, kamu masih ada file backup.

Langkah-langkah membuka proteksi worksheet tanpa password :

  1. Rename extensi file excel dari “xlsx” menjadi “zip”. untuk melakukan ini pastikan file yang kamu rename ini tidak sedang dibuka.
  2. Buka file yang sudah di-rename menggunakan Winrar.
  3. Pada Winrar buka folder “xl” lalu masuk lagi ke folder “Worksheet”.
  4. Di dalam folder worksheet akan terlihat sheet-sheet yang ada pada file. di sini kamu pilih sheet sesuai dengan urutan sheet yang ada pada file. urutan sheet dimulai dari kiri. jika kamu lupa urutannya kamu bisa buka file cadangan yang sudah kamu buat sebelumnya.
  5. Dobel-klik sheet yang terproteksi lalu pilih notepad untuk membukanya.
  6. Pada notepad cari kata “sheetProtection”. jika tidak ditemukan, artinya kamu membuka sheet yang salah, atau sheet yang tidak diproteksi.
  7. Setelah menemukan kata “sheetProtection” blok teks dari kurung siku buka pertama di kiri sampai kurung siku tutup pertama setelahnya. di sini kamu perlu hati-hati jangan sampai kamu blok teks sampai pada bagian selanjutnya. 

  8. Setelah blok teks, tekan tombol “Delete” di keyboard untuk menghapus teks.
  9. Simpan, lalu tutup notepad.
  10. Pada konfirmasi perubahan Worksheet pilih saja Yes

  11. Tutup Winrar-nya.
  12. Rename lagi filenya dan kembalikan extensi dari “zip” menjadi “xlsx”.
  13. Selesai, proteksi worksheet sudah dihapus. dan kamu bisa mengedit kembali data yang ada.

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Proteksi Excel Worksheet Tanpa Password"