Mengatasi File Excel Read Only - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi File Excel Read Only

Mengatasi File Excel Read Only - Masalah Read Only pada file Excel sering kali kita temukan ketika ingin menyimpan perubahan data yang sudah kita kerjakan. Ketika pesan read only ini muncul, kita biasanya diminta menyimpan file dengan nama lain atau dengan menyimpan menggunakan Save as agar tidak mengubah file yang sedang kita buka karena berstatus Read Only. Dan ini akan merepotkan, karena pekerjaan menyimpan perubahan yang seharusnya 1 kali klik, sekarang menjadi beberapa langkah karena harus menyimpan file dengan nama berbeda. Belum lagi kita ingin menyimpannya berulang-ulang. Tentunya ini akan sangat merepotkan.

Biasanya file Excel yang Read Only akan ditambah teks pada nama file di title bar dengan tambahan keterangan Read Only contohnya : File.xlsx [Read-Only]. Dan ketika kita akan menyimpan file akan muncul pesan : We can’t save “File.xlxs” because the file is read only.

Cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengubah hak akses user di file Excel tersebut. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Klik kanan pada file
  2. Klik Properties (biasanya di menu paling bawah)
  3. Klik tab Security
  4. Klik tombol Edit 

  5. Pilih User name yang kamu gunakan untuk membuka file tersebut
  6. Beri hak akses penuh dengan memberi centang Full Control pada kolom Allow seperti pada gambar di bawah 

  7. Klik tombol OK
  8. Selesai

Sekarang kamu bisa mengubah dan menyimpan file tanpa menggunakan Save As. Jika file masih bermasalah dengan status Read Only maka kemungkinan kamu mengubah Full control pada User yang salah. Kamu bisa ulangi langkah di atas pada user yang lain, kamu bisa memilih user lain pada langkah ke 5.

Baik teman-teman, itu saja artikel kali ini tentang Microsoft Excel. Semoga artikel ini dapat mengatasi masalahmu ketika ingin menyimpan file dengan status Read Only.


Posting Komentar untuk "Mengatasi File Excel Read Only"