Cara Mengambil Sebagian Teks di Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengambil Sebagian Teks di Excel

Kadang kita menemukan data di mana kita diminta untuk mengambil sebagian karakter dari teks di Excel. Baik itu dari awal teks, dari akhir teks, bahkan sebagian ada yang diminta mengambil beberapa karakter dari tengah teks.

Nah, bagaimana sih caranya kita bisa mengambil sebagian teks di Excel? Di artikel kali ini saya akan membahasnya untuk kalian semua.

Tentunya mengambil sebagian teks yang dimaksud di sini adalah menggunakan rumus, atau bukan ketik manual. Ada beberapa Fungsi/Rumus di excel yang bisa kita gunakan untuk mengambil sebagian teks di excel. pada artikel kali ini kita akan membahas 3 diantaranya yaitu fungsi LEFT, fungsi MID dan fungsi RIGHT. Karena 3 Rumus itu adalah yang paling sering digunakan.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa pada 3 rumus ini Spasi dihitung sebagai 1 karakter. 

Fungsi LEFT

Fungsi/Rumus LEFT kita gunakan jika kita ingin mengambil sebagian teks dari awal atau dari kiri. Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa melihat cara penulisan Fungsi LEFT dan contoh hasilnya pada tabel di bawah ini : 


Atau teman-teman juga bisa melihat video contoh penggunaan Fungsi LEFT yang saya buat di bawah ini : 


Fungsis MID

Fungsi/Rumus MID kita gunakan jika kita ingin mengambil sebagian karakter dari dari tengah teks. Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa melihat cara penulisan Fungsi MID dan contoh hasilnya pada tabel di bawah ini : 


Fungsi RIGHT

Fungsi/Rumus RIGHT kita gunakan jika kita ingin mengambil sebagian teks dari akhir atau dari kanan. Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa melihat cara penulisan Fungsi RIGHT dan contoh hasilnya pada tabel di bawah ini : 

Atau teman-teman juga bisa melihat video contoh penggunaan Fungsi RIGHT yang saya buat di bawah ini : 


Baik teman-teman itu tadi penjelasan tentang cara mengambil sebagian teks di Excel. Semoga dapat membantu pekerjan teman-teman semua dalam mengolah data di kantor. Assalaamu’alaikum.


Posting Komentar untuk "Cara Mengambil Sebagian Teks di Excel"