Cara Menyembunyikan Sheet di Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembunyikan Sheet di Excel

Cara Menyembunyikan Sheet di Excel - Di Excel tidak hanya baris dan kolom yang bisa kita sembunyikan, Worksheet atau lembar kerja Excel juga bisa kita sembunyikan / hide. Jika kita bekerja dengan worksheet yang banyak dan sudah ada di antaranya  yang sudah beres atau sudah jadi sehingga tidak perlu dibuka lagi, kita bisa menyembunyikan worksheet tersebut untuk sementara waktu. Dengan menyembunyikannya maka tab worksheet di file excel yang sedang kita buka tidak terlihat menumpuk sehingga kita bisa bekerja lebih fokus pada sisa worksheet yang sedang ditampilkan saja.

Sebagaimana kita lihat aplikasi Excel yang dibuat oleh para master Excel memiliki tampilan yang lain dari  yang biasa kita lihat. Terkadang kita melihat mereka para master ini menyembunyikan beberapa fitur dengan alasan tertentu, baik untuk menyembunyikan kode ataupun agar aplikasi menjadi terlihat rapih dan sederhana bagi penggunanya agar tidak terganggu dengan banyaknya fitur saat bekerja, sehingga pengguna aplikasi hanya melihat apa yang mereka butuhkan saja. Salah satu diantaranya yang mereka sembunyikan adalah Worksheet. Dengan menyembunyikan worksheet pengguna aplikasi menjadi lebih mudah dalam bekerja. 

Meskipun tidak terlihat, semua data yang ada pada worksheet yang disembunyikan tidak akan hilang sehingga tetap bisa digunakan dan tidak merusak fungsi atau kode yang ada pada sheet lainnya. 

Lalu, Bagaimana sih caranya menyembunyikan worksheet di aplikasi excel? Apakah susah? Jawabannya tidak susah sama sekali bahkan sangat mudah! Kali ini kita akan membahasnya dengan singkat dan jelas.

Menyembunyikan Satu atau Beberapa Sheet di Excel

Cara pertama ini hanya bisa kita lakukan jika kita ingin menyembunyikan satu sheet atau beberapa sheet saja, karena cara pertama ini mengharuskan ada minimal 1 sheet yang masih tampak atau tidak disembunyikan. 

  1. Klik Sheet yang akan kamu sembunyikan
  2. Pergi ke tab Home >>Format >> Hide & Unhide >> Hide Sheet 
    Cara menyembunyikan sheet

  3. Selesai, sekarang Sheet sudah berhasil kamu sembunyikan

Cara lain yang bisa kamu gunakan tapi dengan hasil yang sama dengan cara yang pertama ini adalah dengan klik kanan pada Sheet yang kamu sembunyikan lalu pilih Hide

Cara menyembunyikan sheet

Menampilkan Sheet Kembali

Untuk menampilkan sheet kembali, kamu bisa klik tab Home >> Format >> Hide & Unhide >> Unhide Sheet. Atau kamu bisa klik kanan pada sheet yang masih terlihat lalu pilih Unhide.

Menyembunyikan Semua Sheet di Excel

Dengan cara yang kedua ini kamu bisa menyembunyikan semua sheet yang kamu punya sekaligus.

  1. klik Tab File yang berada pada bagian kiri atas.
  2. Pilih More >> Options seperti pada gambat di bawah 
    File%20More%20Options%202

  3. Pada Jendela selanjutnya pilih Advanced.
  4. Kemudian, silahkan kamu pergi ke bagian Dispay options for this workbook. Lalu, silahkan Hilangkan tanda centang pada Show sheet tabs dengan cara mengklik kotak disebelahnya. Lalu silahkan klik Ok
    Cara menyembunyikan sheet

  5. Selesai, hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini. 
    Gambar%20Semua%20Sheet%20Tersembunyi

Menampilkan Semua Sheet di Excel

Untuk menampilkan Kembali semua sheetyang sudah disemumbunyikan kamu bisa ikuti Langkah berikut:

  1. klik Tab File yang berada pada bagian kiri atas.
  2. Pilih  More  >> Options 
    File%20More%20Options%202

  3. Pada Jendela selanjutnya pilih Advanced.
  4. Kemudian, silahkan kamu pergi ke bagian Dispay options for this workbook. Lalu, silahkan beri tanda centang pada Show sheet tabs dengan cara mengklik kotak disebelahnya. Lalu, silahkan klik OK
    Cara menampilkan sheet

  5. Selesai, sekarang semua sheet di workbook kamu sudah terlihat lagi.

Nah, bagaimana teman-teman? Gampang kan? Sekarang kamu sudah bisa menyembunyikan dan menampilkan kembali sheet di excel. Dengan begitu kamu bisa menyembunyikan data-data yang ingin kamu rahasiakan dari pengguna aplikasimu.

Sekian artikel kali ini tentang cara menyembunyikan dan menampilkan kembali worksheet di Excel. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan kemudahan dalam pekerjaanmu. Jika ada kesalahan tulisan mohon dimaafkan ya. Terimakasih, Asslaamu'alaikum.


Posting Komentar untuk "Cara Menyembunyikan Sheet di Excel"