Cara Membuat Barcode Dengan Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Barcode Dengan Excel

Barcode adalah suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Mesin yang digunakan untuk membaca barcode disebut barcode reader. Barcode sendiri memiliki bentuk garis vertikal yang memiliki jarak tertentu dan ketebalan yang berbeda-beda. Garis-garis dari barcode itu ketika discan dengan barcode reader maka akan menghasilkan kumpulan angka-angka dan atau huruf tergantung dari jenis barcode yang digunakan. Sebagian barcode hanya menampilkan angka saja, tapi ada juga jenis barcode yang bisa menampilkan huruf.

Sebagian orang mengira garis-garis yang ada di barcode itu menyimpan data-data dari suatu produk seperti nama produk, harga, tanggal kadaluarsa dan yang lainnya. Padahal tidak demikian, barcode itu hanya menyimpan kode atau bahkan merupakan kode  itu sendiri yang merupakan kode dari suatu produk. Nah, dari kode tersebut mesin atau komputer akan melakukan pencarian data barang yang sesuai dengan kode yang discan, setelah data barang ditemukan, maka komputer akan menampilkan data barang tersebut di layar monitor. Jadi, data barang atau produk tidak tersimpan di barcode ya, tapi di komputer. Barcode hanya kode yang digunakan untuk mencari data barang yang ada di komputer.

Ada produk-produk tertentu sudah menyediakan barcode pada kemasannya yang bisa digunakan oleh penjual untuk menyimpan data barang. Biasanya produk yang memiliki barcode adalah produk dengan brand yang sudah besar, dan sudah dikenal banyak masyarakat. Tapi untuk produk-produk yang belum memliki barcode sendiri, maka penjual harus membuatkan barcodenya sendiri. Karena itu kali ini kita akan belajar bagaimana caranya membuat barcode sendiri.

Membuat Barcode Dengan Microsoft Excel

Ada banyak pilihan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat barcode, tapi di sini kita akan belajar membuat barcode menggunakan aplikasi Excel.

Cara membuat barcode di Excel :

  1. Buat tabel dengan 2 kolom yaitu Kode dan Barcode seperti yang terlihat di bawah ini

  2. Pastikan pada kolom Kode teman-teman sudah mengatur format cell menjadi Text. Dengan cara blok kolom kode, pada file saya yaitu kolom B. lalu klik kanan pada kolom yang diblok kemudan pilih Format Cell.

  3. Pada jendela Format Cell teman-teman pilih Text  lalu klik OK

  4. Pada masing-masing cell yang ada di kolom Barcode masukkan formula seperti yang ada di kolom syntax berikut ini :

  5. Select semua cell yang ada di kolom barcode lalu ganti Font menjadi IDAHC39 M Code39 seperti gambar di bawah. Jika kamu tidak mememukan fontnya kamu bisa download dulu Font Code 39.

  6. Tampilan setelah mengganti Font akan terlihat seperti di bawah ini :

  7. Setelah itu teman-teman bisa memasukkan kode yang ingin di ubah menjadi barkode di kolom Kode, maka pada kolom Barcode akan otomatis tampil barcode yang sesuai dengan kode yang teman-teman masukkan di kolom Kode.

Baik teman-teman itu saja dulu tulisan kali ini tentang cara membuat barcode dengan menggunakan aplikasi Excel, Semoga dapat membantu teman-teman dalam membuat barcode.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Barcode Dengan Excel"