Menggunakan Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggunakan Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS

Penjelasan SUM, SUMIF, dan SUMIFS

Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS pada aplikasi Excel bisa kita gunakan untuk menghitung total jumlah angka yang ada suatu range. Perbadaan di antara ketiga fungsi ini adalah :

Fungis SUM digunakan jika kita ingin menghitung total jumlah angka pada suatu range tanpa kriteria tertentu. Penulisan Sintax fungsi SUM adalah =SUM(Number1;[Number2];…). Parameter Number pada fungsi ini kita isi dengan cell2 yang ingin kita jumlahkan. Atau jika kita ingin menjumlahkan kumpulan cell yang berupa range maka kita bisa mengisi parameter dengan range yang ingin kita jumlahkan. Contohnya : =SUM(D4:D9). Fungsi sum tersebut akan menjumlahkan angka-angka yang ada pada range D4:D9.

Fungsi SUMIF digunakan jika kita ingin menghitung total jumlah angka pada suatu range dengan satu kriteria tertentu penjumlahan seperti ini juga sering disebut sebagai penjumlahan bersyarat. Penulisan Sintax fungsi SUMIF adalah =SUMIF(range,criteria,[sum_range]). Parameter pertama pada Fungsi SUMIF ini kita isi dengan range dari kriteria yang dihitung jumlahnya, kemudian criteria kita isi dengan kriteria yang nantinya akan menentukan cell mana saja yang akan dijumlahkan dan yang terakhir sum_range kita isi dengan range yang ingin kita jumlahkan.

Sedangkan Fungsi SUMIFS kita gunakan jika kita ingin menghitung total jumlah angka pada suatu range dengan beberapa kriteria atau lebih dari satu kriteria. Penuisan Sintax fungsi SUMIFS adalah =SUMIFS(sum_range;criteria_range1; criteria1;[criteria_range2, criteria2]; ...).

  • Sum_range  adalah range atau rentang cell yang akan kita jumlahkan.
  • criteria_range1  adalah range tempat mencari kriteria.
  • criteria1 adalah kriteria yang nantinya akan menentukan cell mana saja yang akan dijumlahkan.
  • [criteria_range2;criteria2] adalah parameter yang bersifat opsional yang boleh tidak diisi. Jumlah parameter criteria_range dan criteria pada fungsi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Tabel Perbandingan

Di bawah ini adalah table yang meringkas tentang perbandingan fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS

Fungsi SUM vs SUMIF vs SUMIFS
Fungsi/Rumus ExcelKeterangan
SUMFungsi Numeric Excel untuk menjumlah angka-angka yang ada dalam suatu range.
SUMIFFungsi Numeric Excel untuk menjumlah angka-angka yang ada dalam suatu range dengan 1 kriteria tertentu
SUMIFSFungsi Numeric Excel untuk menjumlah angka-angka yang ada dalam suatu range dengan lebih dari 1 kriteria.

Contoh Kasus

Contoh kasus yang bisa kita pakai untuk menggunakan ketiga fungsi ini terlihat pada table di bawah :


Kita akan menerapkan fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS pada table di atas.

SUM

Jika kita ingin mengetahui total jumlah unit yang terjual maka fungsi yang kita gunakan adalah SUM dengan sintax : =SUM(D3:D14). Pada kasus ini kita ingin mencari total penjualan tanpa syarat atau kriteria tertentu.

Untuk melihat hasil dari fungsi SUM di atas anda bisa memilih satu cell di luar table lalu ketikkan kode berikut : =SUM(D3:D14) 

SUMIF

Jika kita ingin mencari tahu jumlah unit penjualan oleh Budi maka fungsi yang kita gunakan adalah SUMIF dengan sintax : =SUMIF(C3:C14;"Budi";D3:D14). Pada kasus ini kita ingin mencari total penjualan dengan 1 kriteria yaitu nama salesman adalah “Budi”.

Untuk melihat hasil dari fungsi SUM di atas anda bisa memilih satu cell di luar table lalu ketikkan kode berikut : =SUMIF(C3:C14;"Budi";D3:D14)

SUMIFS

Jika kita ingin mencari tahu jumlah unit penjualan oleh Budi di bulan Februari maka fungsi yang kita gunakan adalah SUMIFS dengan sintax : =SUMIFS(D3:D14;C3:C14;"Budi";A3:A14;"Februari"). Pada kasus ini kita ingin mencari total penjualan dengan 2 kriteria yaitu nama salesman adalah “Budi” dan Bulan Penjualan adalah “Februari”.

Untuk melihat hasil dari fungsi SUM di atas anda bisa memilih satu cell di luar table lalu ketikkan kode berikut : =SUMIFS(D3:D14;C3:C14;"Budi";A3:A14;"Februari").

Bagi teman-teman yang ingin belajar dengan file di atas bisa didownload di sini atau juga bisa melihat video tutorialnya di bawah ini atau bisa langsung ke channel youtube saya di sini



Posting Komentar untuk "Menggunakan Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS"