Fungsi COUNTIF dan COUNTIFS di Microsoft Excel - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi COUNTIF dan COUNTIFS di Microsoft Excel

Penggunaan Fungsi Countif dan Countifs

COUNTIF dan COUNTIFS adalah dua fungsi yang sering digunakan oleh pengguna Excel. Fungsi ini digunakan untuk menghitung cell pada range dengan kriteria tertentu. Adapun perbedaan pada keduanya adalah fungsi COUNTIF hanya akan menghitung 1 range dengan 1 kriteria saja, sedangkan COUNTIFS digunakan pada kondisi menghitung beberapa range dengan berberapa kriteria juga.

Penulisan Fungsi COUNTIF adalah =COUNTIF(Range;Criteria). pada kode tersebut kita lihat bahwa fungsi COUNTIF memliki 2 parameter yaitu RANGE dan CRITERIA, parameter RANGE adalah range atau kumpulan cell yang akan dihitung, dan parameter CRITERIA adalah kriteria yang akan dicari dalam range pada parameter pertama.

Penulisan Fungsi COUNTIFS adalah =COUNTIFS(Criteria_Range1;Criteria1;[Criteria_Range2;Criteria2];[Criteria_Range3;…). pada kode tersebut kita lihat bahwa fungsi COUNTIFS memliki jumlah parameter yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Tapi pada dasarnya parameter COUNTIFS juga terdiri dari RANGE dan KRITERIA tapi diulang sesuai dengan kebutuhan data yang kita olah.

Contoh Kasus

Contoh kasus dalam table di bawah akan menjelaskan bagaimana perbedaannya.


Pada contoh table di atas, jika kita ingin mengetahui jumlah pegawai berjenis kelamin laki-laki maka fungsi yang akan kita gunakan adalah fungsi COUNTIF dengan sintax =COUNTIF(D4:D10;"L"). pada kasus ini kita hanya ingin mencari 1 kriteria saja yaitu Karyawan laki-laki yang kita cari di range D4:D10.

Untuk melihat hasil dari fungsi COUNTIF di atas anda bisa memilih satu cell di luar table lalu ketikkan kode berikut :  =COUNTIF(D4:D10;"L")

Tapi, jika kita ingin mengetahui jumlah karyawan laki-laki yang berumur lebih dari 30 tahun maka fungsi yang akan kita gunakan adalah fungsi COUNTIFS dengan sintax =COUNTIFS(D4:D10;"L";F4:F10;">30"). Pada kasus ini kita mencari 2 kriteria yaitu karyawan laki-laki dan berumur lebih dari 30 tahun.

Untuk melihat hasil dari fungsi COUNTIFS di atas anda bisa memilih satu cell di luar table lalu ketikkan kode berikut :  =COUNTIFS(D4:D10;"L";F4:F10;">30").

Bagi teman-teman yang ingin belajar dengan file di atas bisa didownload di sinidan bagi teman-teman yang ingin melihat tutorial videonya bisa di lihat di sini

Posting Komentar untuk "Fungsi COUNTIF dan COUNTIFS di Microsoft Excel"