Cara Membuat dan Mengaktifkan Akun belajar.id Secara Mandiri - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat dan Mengaktifkan Akun belajar.id Secara Mandiri

Akun belajar.id adalah email yang dibuat khusus untuk guru dan peserta didik. akun ini akan mambantu proses belajar mengajar di sekolah. setiap pendidik yang memiliki akun belajar.id, bisa memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan dalam kegiatan belajar mengajar seperti : Google meet, Google Classroom, Google Form, dan fitur-fitur lainnya. 


Nah, di artikel kali ini saya ingin membahas cara sobat pendidik untuk mendapatkan dan mengaktifkan akun belajar id secara mandiri.

Langkah-langkah mendapatkan dan mengaktifkan akun belajar.id secara mandiri :

  1. Pastikan sobat sudah ditambahkan di aplikasi dapodik
  2. buka halaman belajar.id
  3. Pada type pengguna pilih “Pendidik dan Tenaga Kependidikan”, lalu Klik “Cari Akun belajar.id”
     
  4. Tambahkan NPSN sekolah tempat sobat bertugas/mengajar, lalu klik “Selanjutnya”
  5. Isi Nama Lengkap dan Tanggal Lahir sesuai dengan yang terdata di dapodik. Sobat bisa menggunakan data yang ada di KTP, karena sekarang data di dapodik di haruskan sesuai dengan data di dukcapil.
  6. Setelah itu, Pada halaman akan ditampilkan email akun belajar.id yang sobat punya. jika akun belum aktif, sobat bisa aktifkan akun dengan klik tombol “Aktifkan Akun”
  7. Selanjutnya sobat bisa memilih bagaimana sobat menerima akun belajar.id sobat. Sobat bisa memilih melalui E-mail atau melalui Nomor HP yang terdaftar di dapodik. Jika nomor HP belum terdaftar, sobat bisa menghubungi Operator sekolah untuk mendaftarkan nomor HP ke Dapodik.
  8. Jika sudah semua, klik “Kirim detail akun”
  9. Cek HP atau E-mail untuk melihat detail akun belajar.id sobat. Sobat akan menerima E-mail belajar.id dan Password untuk login, agar akun belajar.id sobat menjadi aktif. Jangan lupa setelah login, sobat mengganti password dengan password baru yang lebih kuat dan mudah diingat. 

Sekarang, sobat sudah bisa menggunakan akun belajar.id sobat untuk kegiatan belajar mengajar.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat dan Mengaktifkan Akun belajar.id Secara Mandiri"