4 Makanan Khas Lombok Yang Bikin Ketagihan - aMustilan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Makanan Khas Lombok Yang Bikin Ketagihan

Bagi para pecinta kuliner, berburu makanan khas adalah salah satu hal yang sering dilakukan. Apalagi ketika berkunjung ke suatu daerah tertentu. Karena selain destinasi atau tempat wisata, makanan khas juga menjadi daya tarik bagi  para wisatawan di daerah tersebut.

Lombok, pulau yang di kenal dengan keindahan pantainya dan seribu masjid ini juga memiliki beberapa makanan khas yang dapat memanjakan lidah kita, terutama bagi para pecinta masakan dengan rasa pedas. 

Nah, pada artikel kali ini saya akan berbagi tentang  5 makanan khas Lombok yang harus anda coba ketika berkunjung ke pulau ini.

Pelecing Kangkung

Sudah kita ketahui bahwa Kangkung Lombok adalah salah satu kangkung yang paling enak di Negeri ini. Tidak jarang oleh-oleh yang di bawa pulang oleh wisatawan ketika berlibur ke Lombok adalah kangkung. Iya, kangkung Lombok memang terkenal berbeda dengan kangkung di daereah lain. 

Masyarakat Lombok mengolah kangkung spesialnya menjadi berbagai masakan di antaranya adalah Pelecing Kangkung. Pelecing Kangkung adalah makanan khas lombok yang terbuat dari kangkung dengan sambal tomat. 

Di warung-warung makan daerah mataram Pelecing kangkung dijual dengan harga yang relatif murah, 1 piring pelecing kangkung bisa kita dapatkan dengan harga Rp.2.500-Rp10.000 (belum termasuk nasi).

Sedangkan di daerah Lombok utara, pelecing kangkung biasanya disajikan dengan opak-opak. Opak-opak adalah kerupuk yang terbuat dari sari ubi. Satu porsi Opak-opak dan Pelecing kangkung di Lombok utara di jual dengan harga sekitar Rp2.500-Rp3.000. Sangat Murah kan?!

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang dibuat dari ayam kampung muda yang dipanggang dan disajikan sambal pedas dan manis.  

Ayam kampung muda dan racikan bumbu tertentu membuat menu ini memiliki cita rasa yang kuat. Menu ini biasanya di sajikan bersama Peleecing kangkung, Beberuk terong, taburan bawang goreng dan kacang goreng. 1 porsi ayam taliwang di daerah mataram dijual dengan harga sekitar Rp.30.000 – Rp.100.000.

Warung yang menjajakan menu ini banyak kita dapati di Jln. Jendral Ahmad Yani di daerah sayang-sayang.  Beberapa warung lainnya yang dikenal banyak masyarakat adalah Taliwang Pak Udin, Taliwang Irama dan Taliwang H. Moerad

Bagi anda yang ingin tahu sejarah ayam taliwang, anda bisa mengunjungi website kebudayaan.kemdikbud.go.id. Di situ jelaskan asal dan perkembangan Menu Ayam Taliwang sehingga dikenal sebagai salah satu makanan khas Lombok 

Sate Bulayak

Sate Bulayak adalah Sate yang dibuat dari daging ayam atau daging sapi dan disajikan bersama bumbu lezatnya dan bulayak. Saking Lesatnya bumbu sate bulayak membuatmu tidak terasa menghabiskan makanan ini berserta bumbunya. Bulayak sendiri adalah makanan yang lebih seperti lontong tapi dengan ukuran yang lebih kecil dan mengerucut. 1 Porsi Sate Bulayak lengkap dengan bulayaknya biasanda dijual dengan harga Rp.15.000-Rp.25.000.

Sate bulayak banyak kita jumpai di Jalan Udayana Mataram. Warung yang dikenal menjual sate ini diantaranya: Sate Bulayak Narmada, Sate Bulayak Suranadi dan Sate Bulayak Inak Renah ()

Sate Tanjung

Nah sate yang satu ini adalah sate ikan yang paling saya suka. Sesuai Namanya, sate ini banyak dijual di daerah Tanjung, Lombok utara. 

Sate tanjung dibuat dari ikan yang di lapisi bumbu khas yang membuat rasanya berbeda dari sate yang lainnya. Masyarakat Lombok sangat menyukai sate ini. Selain di daerah Tanjung, Anda juga bisa mendapati sate ini di daerah pesisir pantai Montong Pal dan Luk. Sate tanjung biasanya dijual dengan harga Rp.10.000 untuk 8 – 10 tusuk sate. 

Baik teman-teman, itu saja artikel kali ini tentang makanan khas Lombok. Terimakasih dan Assalaamu’alaikum.


Posting Komentar untuk "4 Makanan Khas Lombok Yang Bikin Ketagihan"